Jumat, 20 April 2012

Yang Unik n’ Asik dari Negeri Sakura



                  
             
             Negara Jepang , negara maju yang dikenal sebagai macan Asia ini emang asik banget buat dibicarain.Mulai dari komik-komik keluaran Jepang yang banyak digemari para remaja, fashion Jepang yang unik hadir dengan Harajuku Style , sampek para cowok Jepang yang cool abis n pekerja keras ... (woooo..... yang ini aku suka banget .. xD). Pulau Nami yang manis n so sweet...Kota Shibuya yang kayaknya seru buat dikunjungi...Makanan yang rendah kalori ( karna dimakan mentah-mentah, wooo...).Well, dibalik semua yang keren-keren ntu... ternyata Negeri Sakura ini unik punya...hehe.Mungkin bagi orang Jepang biasa, tapi bagi kita, orang Indonesia jelas unik n asik... huehehe :D Oke, simak yuks, 10 fakta unik Negara Jepang...cekibrot!!
1.Di perempatan jalan Kyoto, perempatan jalan yang kecil, tidak ada mobil sama sekali, tapi ada lampu merahnya.Pejalan kaki bakal berhenti saat lampu pejalan kaki menunjukkan warna merah.Mereka santai aja, baca koran, ngobrol, ng’rokok, trus jalan lagi kalo lampu uda kembali warna ijo.Padahal kalo seandainya mereka melanggar mereka mungkin ga bakal celaka, toh  ga ada mobil yang nongol di sana.
2.Mereka tidak percaya Tuhan (mayoritas Atheis) tapi mereka bisa disiplin n taat pada peraturan . Mungkin karena itu negara mereka maju.hmmmm....
3.Bunga sakura adalah yang spesial di Jepang , karena buganya hanya tumbuh 2 minggu selama setahun.Ketika tumbuh, bunganya akan memenuhi seluruh pohon, jadi ga ada daunnya.Tapi, kalo uda 2 minggu, ga ada bunga sakura satu pun, semuanya daun, jadi kurang menarik lagi.
4.Sepeda ga boleh dipake buat bocengan, kecuali yang membonceng usianya di atas 16 tahun , yang dibonceng usianya kurang dari setahun n Cuma seorang.Kalo dilanggar, bakal kena denda maksimal 20ribu yen.
5.Kalo di Indonesia, kita naroh barang bekas di pasar loak ato toko jual beli, kita yang dibayar.Beda lagi kalo di Jepang.Justru sebaliknya kita lah yang mesti bayar.That’s why, orang Jepang lebih milih ninggalin tipi bekas kalo mau pindah apartemen.
6.Sebelum berpergian, orang Jepang bakal nyimak ramalan cuaca dulu. 90% ramalan cuacanya emang akurat.Makanya, kalo kita liat orang lagi bawa payung, yang laen pasti juga bawa payung.Kalo mau nontonin pemandangan unik, dateng aja ke Shibuya pas ujan...Moment yang tepat buat liat lautan payung warna – warni.

7.Kalo naik eskalator a.k.a tangga berjalan di Tokyo, kita harus berdiri di sisi kiri, karna di sisi kanan buat orang-orang yang lagi terburu-buru.Jangan sekali-kali ada di sisi kanan kalo ga langsung naik alias tergesa-gesa.
8.Jika naik taksi di Jepang, kita bakal layaknya prince ato princess, coz pintu  bakal dibuka n’ ditutup ma sopirnya.Penumpang dilarang buat ng’lakuin itu sendiri. Wooo..
9.Di Jepang angka “4” n “9” adalah angka-angka yang ga disukai.Sehingga, sering ga ada nomor kamar 4 dan 9.”4” dibaca “shi”  yang homofon alias sama bunyi sama kata yang berarti mati.Sedangkan angka “9” homofon sama kata yang artinya “kurushii/sengsara”.
10.Cara baca tulisan di Jepang ada 2 gaya , guys...yang pertama sama dengan buku berhuruf Roman alphabhet, huruf dibaca dari atas ke bawah.Yang kedua, dari kolom paling kanan ke arah kiri.Sehingga bagian depan dan belakang buku berlawanan dengan buku Roman alphabet (halaman muka ada di bagian “belakang”).Hmmm, kayak di komik yee...hehe.. :D
                  Gimana? Seru kan ? Asik kan? Itulah beberapa yang spesial dari negara impian yang pengen aku kunjungi.... :* Oke, sebagai penutup mari berdo’a buat impian si Kucing, Windhi...S’moga suatu saat Windhi bisa ke Jepang...Aaamiiin....
Sankyuuuuu so much all.... luph y’all... :* Huehehehehehehehe. . . :D :D :D
Semoga postingan berikutnya bisa memuat sisi lain Indonesia- negeri kita tercinta, ho ho ho. . . xD

0 komentar: